Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi? Ini Penjelasannya

 Apakah Ibu Hamil Boleh minum kopi

Ibu hamil boleh minum kopi? - Minum kopi menjadi suatu kegemaran bagi banyak orang, kopi dianggap dapat menyegarkan tubuh seharian. Tak terkecuali ibu hamil, yang memang sebelumnya sering minum kopi.

Namun sebaiknya, saat dalam kondisi hamil sangat disarankan mengurangi mengkonsumsi kopi. Sebenarnya tak hanya kopi saja yang harus dikurangi atau dibatasi bagi ibu hamil, termasuk juga makanan dan minuman yang mengandung kafein lainnya. Contohnya seperti, cokelat, minuman ringan dan teh. 

 Apakah ada efek samping saat ibu hamil mengkonsumsi kopi? Apakah boleh ibu hamil mengkonsumsi kopi? simak penjelasannya berikut.

Resiko Kandungan Kafein dalam Kopi untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil sebenarnya bukan kopinya yang harus dihindari. Namun, kandungan kafeinnya yang dianggap kurang baik bagi ibu hamil dan hanin didalam kandungannya. 

Secara umum, memang mengkonsumsi kopi terlalu banyak akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Seperti susah tidur, gejala kecemasan, mudah marah, tekanan darah tinggi, sering kencing dan lainnya. Selain itu, kandungan kafein pada kopi juga bisa menembus plasenta ibu hamil yang bisa berdampak pada janin yang dikandung.

Hal tersebut juga sejalan dengan sebuah penelitian dari The New Journal of Medicine menemukan fakta, bahwa keguguran bisa terjadi karena terlalu banyak minum kopi. Ini ditemukan pada 562 wanita hamil yang menjadi partisipan survei. Kandungan kafein di dalam kopi juga diduga sebagai penyebab keguguran.

Pasalnya, penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang sedang hamil punya risiko keguguran lebih tinggi ketika minum lebih dari 8 cangkir kopi tiap harinya. Ini berlaku untuk kopi yang biasa dibeli di pasar swalayan atau di kafe-kafe pada umumnya.

Berikut ini beberapa resiko pengkonsumsi kopi bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.
  • Ibu hamil mengalami refluks asam lambung
  • Anemia
  • Keguguran
  • Bayi lahir dengan berat badan yang rendah

Berapa Takaran Ideal Minum Kopi Bagi Ibu Hamil?

Apakah Ibu Hamil boleh minum kopi?

Dianjurkan bagi ibu hamil apa bila ingin mengkonsumsi kopi maksimal dalam sehari hanya 200 gm. Itu setara dengan dua cangkir kopi instan dalam sehari.

Itu menjelaskan bahwa sebenarnya boleh-boleh saja ibu hamil minum kopi. Tetapi tentunya tidak boleh berlebihan, jangan sampai melebihi batas toleransi bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

Perlu diingat yang berbahaya itu bukan kopinya tapi kandungan kafein yang terdapat didalamnya. Perlu perhatian juga kandungan kafein yang terdapat pada makanan dan minuman lainnya seperti, cokelat, teh, soda dan lainnya. 

Berikut jumlah umum kafein dalam makanan dan minuman:
  • 60-200 mg kafein dalam satu cangkir kopi seduh.
  • 140 mg kafein dalam satu cangkir kopi saring.
  • 100 mg kafein dalam satu cangkir kopi instan.
  • 40 mg kafein dalam satu ebotol soda.
  • 75 mg kafein dalam satu cangkir teh.
  • 25-50 mg kafein dalam 50 g cokelat

Itulah beberapa pembahasan mengenai apakah ibu hamil boleh minum kopi? Bagi ibu yang sudah terbiasa mengkonsumsi kopi setiap hari, alangkah baiknya untuk menguranginya saat kondisi hamil. Untuk mengganti mengkonsumsi kopi, ibu bisa mencoba mengkonsumsi minuman sehat yang menyegarkan, seperti jus buah dan sayuran, air kelapa dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui lebih jelasnya terkait takaran kafein yang boleh dikonsumsi sesuai usia kandungan, ibu bisa konsultasi ke dokter terdekat.


Post a Comment for "Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi? Ini Penjelasannya"